Posts Tagged ‘optimis’

status FB story in bali #part 5 (habis)


kembali lagi cerita status FB story in bali yg berseri sampai 5 bagian. dan inilah bagian terakhir setelah terbit bagian sebelumnya. silahkan disimak yach sobat. 🙂

hari kelima, rabu 16 nov 2011

pkl 08:08 “untk siap berperang, harus memahami musuh. [shun zu]
so yukz qt pahami karakter seseorg biar qt siap menghadapi hal apapun.” Status ini aku tulis setelah ketemu seseorang dijogja, ini adalah tulisan untuk memotivasi agar bisa lebih memahami kehidupan kita, karena kita tak hidup sendiri dan setiap orang memiliki target dan batasan masing2. So untuk mengalahkan lawan ya kudu bisa mempelajari lawannya.

pkl 08:23 “sukses itu harus diusahakan, dgn meninggikan target hidup qt & memperbesar kapasitas qt untk kesuksesan itu sndr. #dr berbagai sumber” ini tulisan buat motivasi diri dan sbg pengilon buat aku untk terus berkreasi dgn yg aku bisa. Yakni sll berusaha untuk jadi yg terbaik.

pkl 08:47 “kita gak perlu tau semua hal untk bs sukses. tapi qt hny butuh satu hal yg bnr2 qt tau untk bs jd sukses.” Hanya fokuslah yg mampu membuat kita sukses, dan fokuslah yg membuat kita bisa berdiri dikaki sendiri. So tetapkan target hidup kita dan berjalanlah menuju impian kita agar kesuksesan bisa kita gapai.

pkl 09:23 “tentang apa dan kenapa warung cantik? bisa dilihat di blog q, www.baqiberbagi.wordpress.com, ttg apa 1234? ditunggu aja tulisanku mengenai rumusan tsb. yukz sm2 terjun kedunia tulis-menulis n blog :-)” nah klo ini promosi blog, cz targetku sampai akhir 2011 ini penginnya bisa dapet 5000 pengunjung. Semoga bisa terwujud. Dan tampilannya pun sudah diganti dengan yg lebih cerah. 🙂

pkl 10:04 “lagi2 Alloh menyelamatkanku dr kekurangan lewat pintu dhuha-Nya. alhmdllh bs kembali kepurwokerto dgn kelebihan tanpa kekurangan suatu apapun. thx god. :-)” ini ceritaku yg kehabisan uang waktu dibali, tapi keajaiban2 terus menuntunku bwt meningkatkan kadar keimanan dan kedekatanku terhadap-Nya. Semoga terus istiqomah. Amien.

pkl 13:57 “alhmdllh tinggal bkin story aja bwt isi2 lapak www.baqiberbagi.wordpress.com, semoga manfaat. amien. 🙂 trimakasih Tuhan atas segala nikmatMu. mdh2n q jd org yg pandai bersyukur. amien.” seneng rasanya bisa dapet bahan buat nulis diblog. Hehehe…. Dan story ini adalah rangkaian dari statusku di fb yang nantinya dibikin beberapa part untuk memudahkan bacanya, biar gak pegel2 tuh leher saat bacanya. Hehehehe…..(tuh kan, aku emang baik hati banget.. 🙂) terimakasih ya temen2 yg telah sudi membaca tulisan acakadutku ini…klo emang ada manfaatnya silahkan diambil, klo tak ada manfaatnya silahkan kasih komentar positifnya agar bermanfaat orang lain. Terimakasih….:-)

warung cantik 1234

https://baqiberbagi.wordpress.com

Iklan

status FB story in bali #part 3


melanjutkan cerita sebelumnya, berikut kisahku dalam bingkai status FB story in bali #part 3

hari ketiga, senin 14 nov 2011

pkl 07:54 “menuju water park. dari hotel miki kuta bali. smangat2 untk eksplorasi diri membuka cakrawala dunia. :-)” hari pertama meluncur dari hotel miki kuta menuju pantai nusa dua yang terdapat penangkaran penyu, disinilah wisata bahari kami. Yakni melihat ikan2 dilaut dan memberinya roti tawar untuk unpan mereka.

pkl 10:31 “sudah sepantasnya qt sll nguri-nguri budaya qt agar tak lekang ditelan zaman, sumber: inspirasi pulau dewata” selalu diselipkan kata2 budaya oleh sang pemandu, hal ini membuatku terus berfikir kalo seandainya tak ada orang yg tanpa pamrih maka budaya kita akan tertelan dengan masuknya budaya asing ke negeri ini. Saya jadi salut dengan perjuangan ahmad tohari yg dengan karyanya mampu memunculkan karakter asli budaya banyumasan.

pkl 14:43 “lintas generasi lintas zaman. kufikir inilah hidupku yg msh blm berujung. & q akan sll mencari celah untk sll berkreasi spt yg q mau & q bs. renungan bali.” Ini salah satu statemen kalo aku harus sukses dengan apa yang aku bisa dan yg bener2 aku inginkan.

pkl 21:03 “abiz berenang, qt jln2 ke denpasar, qt karokean brg2. asooooyyyyy..
*) ini baru wisata, kata sang pemandu. hehe” dengan menyewa mobil angkot dengan harga 100ribu kami berenam ditambah sang pemandu dan sang sopir jadi berdelapan kami keliling denpasar buat cari tempat karokean dan ketemulah dengan karoke NAV. Walo bener2 sumbang neh suara dan dan sudah dicoba berkali2 buat dimasukin suaranya kemusik, tapi hasilnya nihil (nol besar..) yg masuk Cuma lagunya bang haji rhoma irama dengan kegagalan cinta dan satu lagi lupa nyanyi lagu apa…hehehe… oiya, itu bacanya latian renang dipinggir kolam yach, jangan diartikan udah pinter keburan. Hehehe.. cz trauma gara2 dulu waktu kelas 3an SD pernah kelelep dikolam pembuatan batu bata. Hamper mati dan dipastikan mati klo tdk ditolong sm adik kelasku itu. Hehehe.. sejak itu trauma dgn air. Tapi kok waktu wisata bahari anehnya traumaku ilang terhadap air, makanya berani nyebur dikolam renang hotel. Ya mungkin karena fokusku untuk bener2 menikmati suasana kali yach. So pelajarannya bagi yg pgn jadi pengusaha gampang, jgn rasain getirnya ketika tawaran kita ditolak pelanggan, tapi rasakanlah manisnya sebuah kesuksesan yg berarti impian kita bakal terwujud. baca kelanjutan ceritanya status FB story in bali #part 4.

warung cantik 1234

baqiberbagi.wordpress.com

Kelahiran akan Sebuah “Masa Depan”


Perjalananku ke Akademi Kebidanan Perwira Husada Purwokerto yang beralamatkan di Jl Suparjo Rustam No 170 Sokaraja Banyumas hari senin tanggal 7 Maret 2011 mengingatkan saya akan suatu bentuk “Kelahiran dan Kehidupan“. Karena saya yakin setiap orang pasti memiliki kehidupan yang hal itu menjadikannya sesuatu yang unik pada diri seseorang tersebut. Menjadikannya karakter dan misi tersendiri dalam menjalani kehidupan ini yang tidak terwakilkan oleh apapun dan siapapun.

Ya hanya kita sendiri yang tahu apa tugas kita didunia ini. Kalaupun kita belum tahu apa tugas kita didunia ini atau apa misi dalam hidup kita yang sesungguhnya, maka Tuhan pun akan membantu kita menemukan misi hidup kita yang sesungguhnya. Bagaimana cara Tuhan membantu kita dalam menemukan apa yang menjadi misi utama kita dalam hidup ini? Tuhan akan menguji kita, menguji dengan berbagai masalah dan kejadian-kejadian diluar kemampuan kita. (kenapa harus kita? Kenapa tidak kamu saja atau saya saja? Ya karena kita semua akan mengalaminya, baik cepat atau lambat pasti kita akan diuji olehNya…karena hal inilah yang sedang saya alami saat ini..:-)).

Sebenarnya bukan diluar kemampuan kita, tapi setiap ujian yang perlu kita hadapi adalah sesuai kemampuan kita dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Yapz..karena Tuhan takkan menguji hambaNya diluar kemampuannya. Jadi Tuhan telah mempercayakan tiap-tiap masalah untuk kita hadapi, dan hasil akhir yang Tuhan inginkan dari tiap masalah adalah bisa mendewasakan kita dan membuat kita semakin bersyukur pada kehidupan ini.

Dalam hal ini mungkin bisa saya gambarkan sedikit tentang kehidupan para bayi disuatu rumah persalinan dalam percakapan mereka (antar bayi yang belum bisa berbicara namun memiliki kontak batin antar sesama bayi lainnya..) mari kita renungi ilustrasi di bawah ini agar kita bisa lebih bersyukur dalam menjalani hidup dan menerima apa adanya diri kita..dan tentunya kita hidup dengan misi tersendiri yang harus kita selesaikan sebagai tugas kita didunia ini.

“Aku lahir dari buah hati kedua orang tuaku” kata seorang bayi yang baru dilahirkan di rumah sakit kepada sahabatnya.
“Kalian sungguh beruntung, sewaktu aku lahir, tanpa aku tahu siapa papaku” sahut yang lainnya..
“Wahhh papaku meninggalkan ibuku, setelah aku berada dalam rahim ibuku”
“Wahhh kalian tidak lihat tadi pagi di kamar operasi, bahkan belum sempat dilahirkan hidup ada calon bayi yang sudah meninggal dalam kandungan”
“Hai kawan. Coba lihat, kita masih beruntung bisa lahir dan hidup normal” Ada banyak teman kita yang tidak perlu susah berjuang untuk keluar dari rahim ibunya, cukup dioperasi cesar oleh dokter
“Kalian tidak tahu.kalau masih ada yang lebih seram, banyak ibu yang tidak mau merawat anak yang dikandungnya dan tidak mau anaknya lahir dalam keadaan hidup, bahkan orang tuanya tidak mengakui bayi yang dikandung anaknya hingga akhirnya mereka melakukan aborsi”
“Sungguh malang adik-adik kita yang berhak untuk hidup, sungguh keji mereka yang membunuh anaknya sendiri”
“Bagaimana kami bisa tidur kalau tiap hari diberi susu sapi. Mengapa pula ibuku tidak mau menyusuiku. Apakah karena menjaga keindahan tubuhnya, sehingga aku diberikan susu sapi. Aku mau ada ikatan antara anak dan ibu, bukan ikatan antara anak dengan sapi”
“Kalian tahu tidak? perkembangan susu sapi sekarang membuat kita jadi pandai, pintar dan cerdas.”
“Kita-kita yang baru dilahirkan ini, sungguh tidak jelas. Apakah orang tua kita akan menyayangi kita dengan sepenuh hati…”
“Kemana aku akan mencari bapak kandungku, kelak?”
“Mengapa air mata ibuku tidak berhenti mengalir setelah kelahiranku di dunia?”
“Mengapa banyak teman-teman kita yang tidak berhenti menangis?”
“Seandainya, aku dapat memilih. Mengapa aku dilahirkan dan akan hidup dikeluarga miskin?”
“Mengapa aku lahir cacat? sedangkan kalian tidak?”
“Wahhh luar biasa kalian punya keluarga yang hidup secara harmonis, sedangkan dalam kandungan aku telah mendengar, merasakan orang tuaku selalu ribut dan bertengkar. Bagaimana bila aku besar nanti?”
“Iri yah dengan kalian, yang sebentar lagi boleh keluar dari rumah bersalin ini. Sedang aku tidak jelas, berada dalam inkubator, karena orang tuaku penguna obat-obat terlarang.”
“Tubuhku lemas sekali. seakan tak berdaya, semua karena mamaku mengkonsumsi minuman keras dan merokok. Apakah aku masih memiliki kesempatan untuk hidup?”
“Pusiiiingggggggg … aku anak yang lahir karena perbuatan terlarang. Aku tidak mau mendengar kalian semua..aku anak haram hasil dari perselingkuhan. Aku malu dilahirkan di dunia ini”
“Jangan patah semangat, kita harus berjuang apapun yang telah terjadi, pasti ada makna yang mendalam untuk kita semua..”
“Ayooo kita kaum bayi, perjuangkan hakmu untuk disayangi dan menyanyangi orang tua kita semua.”
“Nasibku gimana? aku tidak bisa keluar dari rumah sakit, karena orang tuaku tidak ada biaya untuk menebusku…..”
“Apakah kau akan dijual ke gembel dan pengemis untuk menemani mereka mengemis?”
“Tidak……tidak…..tidak……. sungguh tidak adil”

Dari keributan di rumah persalinan, hanya ada satu bayi yang tetap tenang dan mendengarkan semua percakapan para bayi, tiba-tiba ia berkata

Hidup adalah perjuangan, maka bersyukurlah karena telah di lahirkan di dunia ini

Siapapun diri kita, ingatlah semua memiliki misi khusus dalam hidupnya.

Jangan sia-siakan dirimu dan berpikirlah yang positif, maka kebijaksanaan akan menerangi hidupmu

Salam Untuk Berbagi!

Ahmad Baihaqi

Arai dalam “Sang Pemimpi”



Karakter yang begitu kuat melekat pada Arai, laki-laki yang mampu membuat suasana dalam kondisi apapun jadi menarik. Dialah sang pemimpi sejati yang mampu mendorong sekelilingnya untuk turut menggapai mimpinya membantu orang lain, memotivasinya, dan selalu membuatnya berpengaruh dilingkungannya. Banyak kejadian yang menurut saya “tak terduga”. Karena dalam kepala anak seperti Arai itu biasanya hanya bisa bermain dan membuat orang tua khawatir karena kenakalannya. Tetapi tidak bagi Arai. Remaja yang mampu membuat keluarga miskin tetangganya bisa terbantu dan tidak lagi meminta “utang” beras ke ibunya Ikal, langkah yang diambil untuk penyelesaiannya sangat sederhana dan menyentuh sekali.


Arai dan Ikal sangat ingin bisa meneruskan kuliah ke jakarta lalu ke perancis sebagai tujuan akhir dari perwujudan mimpi mereka. Hal ini karena dukungan seorang guru sastanya sehingga mampu memompa mimpi mereka untuk diwujudkan bersama, namun ditengah perjalanan menggapai mimpi tersebut, sering kali Ikal dihinggapi keraguan dan perasaan pesimis yang merusak mimpinya itu. Awalnya ketika Arai, Ikal dan Jimron dihukum karena kenakalan mereka yang senang bermain-main saat upacara membuat mereka menjalani proses hukuman membersihkan kamar mandi yang sudah tak terurus di sekolahan mereka. Saat itu Ikal sangat marah akan kelakuan Jimron yang selalu membicarakan tentang kuda, juga Arai yang hanya membuatnya terbuai dalam mimpi-mimpi kosong. Tiba-tiba Ikal pergi meninggalkan sahabatnya juga dunia sekolahan. Ikal pun menghilang begitu saja dari kehidupan mereka. Saat itu yang ada dalam pikiran ikal adalah kemiskinan tetap kemiskinan. Mau seberapa capeknya bekerja dan sekolah, tetap saja membuat mereka tidak pernah lepas dari kemiskinan. Bahkan karena sikap pesimis Ikal tersebut digambarkan dengan melihat masa depan mereka yang menjadi pelayan di warung kopi, juga kuli angkat di pasar, serta dilihatnya mereka sedang mencari penumpang angkutan.

Tapi lagi-lagi Arailah yang menyadarka Ikal dari bayangan kegagalan yang memenuhi pikirannya itu. Arai selalu berkata, “tanpa mimpi orang-orang miskin seperti kita ini akan mati Kal, kita tidak akan pernah berjalan mendahului nasib Kal”. Maka di bukunya Bang Andrea menuliskan bahwa sikap pesimis adalah sikap takabbur. Karena dengan sikap pesimis kita sudah berjalan mendahului nasib. Sedangkan nasib harus kita perjuangkan agar kita selalu menjadi lebih baik lagi.

“Biar kau tahu kal, orang seperti kita tak punya apa-apa selain semangat dan mimpi-mimpi, dan kita akan bertempur habis-habisan demi mimpi-mimpi itu”.

”mungkin setelah tamat SMA kita hanya akan mendulang timah atau menjadi kuli, tapi disini kal, disekolah ini, kita tak akan pernah mendahului nasib kita!!”.

“kita akan menginjakan kaki di altar suci almamater sorbonne! apapun yang terjadi”.

“Kita akan sekolah ke Perancis, menjelajahi Eropa sampai ke Afrika! Apapun yang terjadi!”


Yang tidak kalah mengharukan yakni adegan bapaknya ikal “Ayah Juara Satu Seluruh Dunia” yang hanya memakai baju safari saat mengambil raport anaknya, baju kebanggan tanda pengharapan dan penghargaan orang tua terhadap anaknya. Tetapi apa yang terjadi? Ikal mendapatkan nilai buruk karena beberapa lama Ikal meninggalkan sekolahnya karena sikap pesimis itu. Bapaknya tak lagi duduk diurutan depan karena nilai Ikal jelek. Mengetahui bapaknya sangat kecewa karena kesalahannya, maka Ikal pun berlari mengejar bapaknya untuk meminta maaf.

Saat adegan inilah air mataku mengalir tak terbendung. Saya tak mampu berkata-kata dan hanya terhanyut dalam alur kisahnya. Pokoknya SALUTE buat Sang Pemimpi…bagi yang belum nonton, mending langsung nonton aja sendiri. Pasti bisa merasakan apa yang saya rasakan. 🙂 saya ingin menjadi Arai yang mampu membuat mimpi dan tidak takut bermimpi serta membawa orang-orang disekelilingnya menjadi malaikat untuk membantu menggapai apa yang diinginkannya.

Itulah sekilas Sang Pemimpi dari sudut pandangku yang tak pernah memiliki nilai apa-apa bagi diri sendiri juga kalian. tapi akulah orang yang bertekad mewujudkan mimii-mimpi seperti yang dilakukan Arai dalam Sang Pemimpi.


Salam Untuk Berbagi!

Ahmad Baihaqi

Catatan Pembuka


ini adalah sebuah sebuah catatan kecil dari sebuah perjalanan hidup seorang baqi yang pengen selalu berbagi…

karena hidup itu adalah perjalanan yang mungkin bisa panjang, mungkin bisa pendek tergantung dari kita yang menjalaninya…

ibarat gajah mati meninggalkan gading, maka manusia mati meninggalkan nama. sebuah nama pun butuh suatu jejak, karena banyak nama didunia ini yang sama dengan nama kita, yang membedakan adalah perjalanan yang kita jalani…

agar hidup kita bisa dikenang dan diingat selalu oleh semua orang, maka kita perlu membuat catatan tentang diri kita, tentang apa yang terjadi dengan diri kita. karena hal inilah yang akan menjadi bukti otentik bahwa kita pernah hidup didunia ini. maka dari itu saya sarankan kepada temen-temen untuk bisa nulis dimanapun dan apapun hal itu asal bisa menjadi memoar kita nantinya, yang jelas jangan asal nulis dan jangan sembarang nulis ya…nanti di cap vandalis sama orang-orang luh…………hehehe…

pokoknya tetep semangat buat ngejalanin hidup ini dan tetep jadi diri sendiri yach………semangat dan salam sukses selalu……………………….

%d blogger menyukai ini: